Berita LPPM

Seminar Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Batam & PII - BK Sipil Goes to Campus

Universitas Batam (UNIBA), Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Batam, BK- Sipil, dan PT. Adhi Karya (Persero) TBK berkolaborasi menggelar workshop pelatihan Building Information Modeling (BIM) di kampus UNIBA yang didampingi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Batam pada 29 - 30 Mei 2024 di Rumengan Hall dan Pascasarjana. Acara yang bertemakan "Introduction Building Information Modeling (BIM) for Smart Construction Process”. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini  bertujuan untuk menyetarakan kemampuan lulusan teknik sipil diseluruh Indonesia, khususnya di luar Pulau Jawa. 

Acara pembuka diawali dengan sambutan oleh Direktur Badan Kejuruan Sipil Persatuan Insinyur Indonesia, Ir. Firman Parmudianto, IPU yang menjelaskan secara detail peran dari Building Information Modeling (BIM) yang merupakan salah satu inovasi revolusioner dalam industri konstruksi yang mengubah cara perencanaan, baik secara desain dan konstruksi dilaksanakan di lapangan. BIM juga tidak hanya sekadar alat perangkat lunak, namun merupakan pendekatan terpadu untuk mengelola informasi dan data proyek konstruksi secara efisien.


Workshop juga menghadirkan para pemateri yang cukup berpengalaman dan kerap mengisi acara workshop BIM yakni yang berasal dari BUMN Konstruksi PT. Adhi Karya (Persero) TBK yang dipimpin oleh Bapak Ir. Erwin Dwi Hermawan,ST., MT selaku Manager Biro BIM PT. Adhi Karya (Persero)Tbk.

Acara seminar dimoderatori oleh Ir. Herlina Suciati, ST., MT., IPM., APEC Eng selaku Kepala Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Batam, yang berjalan cukup baik dan antusiasme mahasiswa yang hadir cukup ramai.