Profil LPPM

Universitas Batam (UNIBA) merupakan salah satu Perguruan Tinggi dari 31 Perguruan Tinggi yang terdapat di Provinsi Kepulauan Riau dan salah satu dari 5 Universitas yang terdapat di Kota Batam. Pada awal berdirinya di tahun 2000 bernama Universitas Abulyatama berdasarkan Surat keputusan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Republik Indonesia Nomor : 58/D/O/2000 tertanggal 4 Mei 2000.

Peletakan batu pertama pembangunan kampus UNIBA (sekarang menjadi laboratorium terpadu) dilaksanakan oleh Bapak Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Prof. Dr. Satryo Sumantri Brojonegoro) pada tanggal 30 Mei 2000 dan peresmian penggunaan Gedung Kampus yang dibangun tersebut dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI pada tanggal 6 Januari 2001.

Pada Tahun 2001 berdasarkan SK Mendiknas RI Nomor : 242/D/0/2001 tertanggal 16 November 2001, Universitas Abulyatama berubah nama menjadi Universitas Batam (UNIBA) dengan Rektor pertamanya Bapak Prof. Dr. H. M. Nazir (Tahun 2000-2002), Rektor kedua Prof H. Chainur Arrasjid, SH (Tahun 2003-2005), Rektor ketiga Prof. Dr. Ir. H. Jemmy Rumengan, SE, MM (Tahun 2006-2013), dan Rektor keempat (sekarang) periode Tahun 2014-2018 oleh Prof. Dr. Ir. H. Novirman Jamarun, M.Sc.

Universitas Batam terus meningkatkan akreditasi untuk seluruh Program Studi dan dalam mencapai jenjang akreditasi yang baik maka diperlukan upaya-upaya dalam meningkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dimana salah satunya adalah kegiatan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Terbentuknya Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Batam pada mulanya merupakan dua buah lembaga yang terpisah yaitu Lembaga Penelitian dan Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat. Kedua lembaga ini dibentuk pada tahun 2003. Kemudian untuk lebih efisien dalam pengelolaannya, kedua lembaga ini digabung menjadi satu lembaga melalui Keputusan Rektor UNIBA Nomor: 035/Rek/SK/UNIBA/I/2006 dengan nama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM).

LPPM adalah unsur pelaksana Tridarma Perguruan Tinggi yang melaksanakan sebagian tugas pokok dan fungsi Universitas dan berada di bawah Rektor. LPPM menangani penelitian dan pengabdian masyarakat yang bersifat multi disiplin, tematik, dan terapan.

Seiring dengan perkembangan IPTEKS yang semakin pesat dan adanya perubahan kebutuhan masyarakat kampus, maka LPPM Universitas Batam secara efektif tahun 2013 mengelola dana-dana penelitian dan pengabdian yang bersumber dari DRPM DIKTI, sumber dana dari APBD Provinsi Kepri, Pemerintahan Kota Batam/Daerah, dana institusi dalam negeri di luar kemdiknas dan dana mandiri Universitas Batam.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Batam mempunyai peranan yang cukup penting bagi Universitas Batam, karena merupakan Lembaga yang mengkoordinasikan, meningkatkan kuantitas dan kualitas pengembangan ilmu dan penerapan teknologi dalam bentuk pelayanan dan kerjasama dengan masyarakat luas, dimana:

  1. Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada masyarakat merupakan unsur pelaksana akademik di lingkungan universitas yang mengkoordinasi, memantau dan menilai pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
  2. Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada masyarakat terdiri atas Ketua, Tenaga Ahli dan tenaga administrasi yang dilengkapi dengan unsur-unsur penelitian, dan pusat studi.
  3. Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada masyarakat dipimpin oleh seorang Ketua yang bertanggung jawab kepada Rektor dan dalam menjalankan tugasnya dibantu oleh seorang sekretaris.

Visi

Terbentuknya Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang unggul, terpercaya di tingkat Nasional maupun Internasional dan menjadi pelopor berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM).

Misi

Misi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Batam adalah:

  1. Memotivasi dosen, karyawan, dan mahasiswa Universitas Batam untuk melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat secara profesional, inovatif dan bermutu.
  2. Meningkatkan kemampuan dan kualitas sumber daya dosen, karyawan, dan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Menyelenggarakan dan meningkatkan kuantitas serta kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan roadmap penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan Instansi Pemerintah dan Swasta.
  4. Meningkatkan relevansi ilmu pengetahuan dan tekhnologi terapan yang inovatif yang mampu membangun jiwa kewirausahaan masyarakat luas.
  5. Meningkatkan pelaksanaan kegiatan kerjasama, promosi hasil-hasil penelitian dan pengabdian serta pengembangan kerjasama dengan berbagai pihak terkait
  6. Menghasilkan perolehan HaKI (Hak Kekayaan Intelektual) dan mengembangkan produk-produk unggulan hasil penelitian dan jasa dalam pemberdayaan pada masyarakat.

Tujuan

Tujuan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Batam adalah:

  1. Menciptakan atmosfir akademik kelembagaan yang kondusif untuk kegiatan, pengembangan keterampilan dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  2. Menciptakan sumber daya peneliti yang kreatif, produktif, kompetitif, proaktif yang mengedepankan kerja tim/institusi.
  3. Mengembangkan kualitas dan kuantitas Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di wilayah nasional dan program internasionalisasi.
  4. Menghasilkan artikel, jurnal nasional dan Internasional serta perolehan HKI
  5. Menyiapkan pimpinan bangsa (leadership) melalui enterpreneur, dan mampu mengkolaborasi potensi masyarakat serta mengembangkan transformasi ilmiah menuju kemandirian masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  6. Menciptakan jejaring kerjasama intra universitas, antar universitas, antar lembaga di tingkat nasional dan internasional.

Ketua

  1. Merencanakan kegiatan jangka menengah dan panjang dalam bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama dengan pihak internal dan eksternal;
  2. Mengorganisir dan mengkoordinasikan sumber daya manusia, keuangan, fasilitas dan peralatan lembaga;
  3. Menghadiri pertemuan-pertemuan strategis dengan pihak internal dan eksternal;
  4. Mengevaluasi, memperbaiki dan membuat laporan kinerja lembaga.

Wakil Ketua

  1. Membantu Ketua merencanakan kegiatan jangka menengah dan panjang dalam bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama dengan pihak internal dan eksternal;
  2. Mengorganisir program dan kegiatan bidang penelitian, pengabdian, publikasi ilmiah dan forum ilmiah.

Sekretaris

  1. Mengagendakan aktivitas Ketua
  2. Mengelola proses surat-menyurat baik surat masuk dan surat keluar
  3. Mengelola penyusunan dokumen dan pengarsipan dokumen
  4. Mengelola publikasi media massa cetak dan internet

Ketua Bidang Penelitian

  1. Menetapkan reviewer untuk proses desk evaluation proposal, pemaparan proposal, monitoring dan evaluasi, serta seminar hasil penelitian
  2. Melaksanakan dan mengkoordinasikan seleksi proposal, yakni pendaftaran usulan, desk evaluation dan pemaparan usulan penelitian
  3. Melaksanakan dan mengkoordinasikan monitoring dan evaluasi baik internal dan terpusat
  4. Mengawasi hasil penelitian, yakni perkembangan hasil penelitian, pelaporan hasil penelitian,  dan seminar hasil penelitian
  5. Melakukan pembinaan terhadap peningkatan kualitas penelitian

Ketua Bidang Pengabdian kepada Masyarakat

  1. Menetapkan reviewer untuk proses desk evaluation proposal, pemaparan proposal, monitoring dan evaluasi, serta seminar hasil pengabdian
  2. Melaksanakan dan mengkoordinasikan seleksi proposal, yakni pendaftaran usulan, desk evaluation dan pemaparan usulan pengabdian
  3. Melaksanakan dan mengkoordinasikan monitoring dan evaluasi
  4. Mengawasi hasil pengabdian, yakni perkembangan hasil penelitian, pelaporan hasil penelitian,  dan seminar hasil penelitian
  5. Melakukan pembinaan terhadap peningkatan kualitas pengabdian

Ketua Bidang Publikasi Ilmiah

  1. Merencanakan pengembangan penerbitan jurnal dan buku ajar
  2. Memfasilitasi pengajuan ISSN dan akreditasi jurnal, serta ISBN buku ajar
  3. Mengawasi pengelolaan penerbitan dan pendistribusian jurnal serta buku ajar
  4. Melakukan pembinaan pengelola dan peningkatan kualitas jurnal dan buku ajar

Koordinator Bidang Forum Ilmiah

  1. Merencanakan aktivitas forum ilmiah seperti workshop, seminar dan kegiatan sejenisnya
  2. Memotivasi para dosen untuk menjadi narasumber dalam forum ilmiah regional, nasional dan internasional
  3. Melakukan pembinaan terhadap peningkatan kualitas penulisan artikel forum ilmiah dan performa narasumber forum ilmiah

Ketua

  1. Merencanakan kegiatan jangka menengah dan panjang dalam bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama dengan pihak internal dan eksternal;
  2. Mengorganisir dan mengkoordinasikan sumber daya manusia, keuangan, fasilitas dan peralatan lembaga;
  3. Menghadiri pertemuan-pertemuan strategis dengan pihak internal dan eksternal;
  4. Mengevaluasi, memperbaiki dan membuat laporan kinerja lembaga.

Wakil Ketua

  1. Membantu Ketua merencanakan kegiatan jangka menengah dan panjang dalam bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama dengan pihak internal dan eksternal;
  2. Mengorganisir program dan kegiatan bidang penelitian, pengabdian, publikasi ilmiah dan forum ilmiah.

Sekretaris

  1. Mengagendakan aktivitas Ketua
  2. Mengelola proses surat-menyurat baik surat masuk dan surat keluar
  3. Mengelola penyusunan dokumen dan pengarsipan dokumen
  4. Mengelola publikasi media massa cetak dan internet

Ketua Bidang Penelitian

  1. Menetapkan reviewer untuk proses desk evaluation proposal, pemaparan proposal, monitoring dan evaluasi, serta seminar hasil penelitian
  2. Melaksanakan dan mengkoordinasikan seleksi proposal, yakni pendaftaran usulan, desk evaluation dan pemaparan usulan penelitian
  3. Melaksanakan dan mengkoordinasikan monitoring dan evaluasi baik internal dan terpusat
  4. Mengawasi hasil penelitian, yakni perkembangan hasil penelitian, pelaporan hasil penelitian,  dan seminar hasil penelitian
  5. Melakukan pembinaan terhadap peningkatan kualitas penelitian

Ketua Bidang Pengabdian kepada Masyarakat

  1. Menetapkan reviewer untuk proses desk evaluation proposal, pemaparan proposal, monitoring dan evaluasi, serta seminar hasil pengabdian
  2. Melaksanakan dan mengkoordinasikan seleksi proposal, yakni pendaftaran usulan, desk evaluation dan pemaparan usulan pengabdian
  3. Melaksanakan dan mengkoordinasikan monitoring dan evaluasi
  4. Mengawasi hasil pengabdian, yakni perkembangan hasil penelitian, pelaporan hasil penelitian,  dan seminar hasil penelitian
  5. Melakukan pembinaan terhadap peningkatan kualitas pengabdian

Ketua Bidang Publikasi Ilmiah

  1. Merencanakan pengembangan penerbitan jurnal dan buku ajar
  2. Memfasilitasi pengajuan ISSN dan akreditasi jurnal, serta ISBN buku ajar
  3. Mengawasi pengelolaan penerbitan dan pendistribusian jurnal serta buku ajar
  4. Melakukan pembinaan pengelola dan peningkatan kualitas jurnal dan buku ajar

Koordinator Bidang Forum Ilmiah

  1. Merencanakan aktivitas forum ilmiah seperti workshop, seminar dan kegiatan sejenisnya
  2. Memotivasi para dosen untuk menjadi narasumber dalam forum ilmiah regional, nasional dan internasional
  3. Melakukan pembinaan terhadap peningkatan kualitas penulisan artikel forum ilmiah dan performa narasumber forum ilmiah
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat memiliki lima agenda tetap yang dilaksanakan setiap tahun.

Program Penelitian
  1. Penelitian desentralisasi dan kompetitif nasional (Dana Dikti)
  2. Penelitian internal (Dana UNIBA)
  3. Penelitian lainnya
Program Pengabdian kepada Masyarakat
  1. Pengabdian kepada masyarakat (Dana Dikti)
  2. Penelitian internal (Dana UNIBA)
  3. Pengabdian lainnya
Program Publikasi Ilmiah
  1. Penerbitan jurnal ilmiah
  2. Penerbitan buku ajar
Program Forum Ilmiah
  1. Seminar hasil-hasil penelitian dan
  2. Seminar hasil-hasil pengabdian kepada masyarakat